Asma adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup umum terjadi pada wanita yang sedang dalam masa kehamilan, meskipun Anda tidak pernah mengalami masalah asma ini sebelumnya. Selama masa kehamilan, asma tidak hanya bisa mempengaruhi Anda saja, akan tetapi juga bisa mengurangi asupan oksigen yang mengalir ke janin Anda.

Asma brongkial misalnya saja yang merupakan salah satu jenis asma yang seringkali dijumpai selama masa kehamilan. Penyakit asma brongkial ini nantinya akan menimbulkan efek yang lebih serius. Karena, asma brongkial yang tidak terkontrol dengan baik bisa saja berpengaruh terhadap kesehatan Anda dan janin yang ada dalam kandungan Anda. Umumnya puncak dari frekuensi terjadinya serangan asma pada ibu hamil ini berkisar antara usia kehamilan 24 minggu, akan tetapi pada kasus yang lebih berat, serangan ini bisa saja terjadi lebih lama, yaitu sekitar 24 hingga 36 minggu usia kehamilan.

Fakta tentang asma bagi ibu hamil bisa meningkatkan resiko kematian pada bayi

Seperti yang kami lansir dari laman webmd.com ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwasannya asma brongkial yang telah diderita oleh calon ibu selama kehamilan ini ada kaitannya dengan meningkatnya resiko kematian pada bayi. Tak hanya itu saja, penelitian juga menyebutkan bahwasannya terjadinya asma brongkial bisa meningkatkan resiko bayi lahir secara prematur. Selain itu, serangan asma brongkial ini juga bisa meningkatkan timbulnya penyakit komplikasi serius, seperti hanya preeklampsia, pendarahan, dan juga hiperemesis.

Dikarenakan bahaya dan resiko dari serangan asma ini maka sangat penting sekali bagi Anda untuk segera mendapat penanganan yang lebih serius dari dokter pada saat terjadi serangan asma. Mintalah bantuan dokter untuk memonitor ketercukupan oksigen yang mengalir pada janin yang ada dalam kandungan Anda. Selain itu, Anda juga dapat berupaya untuk menghindari sumber-sumber yang bisa menyebabkan asma, seperti debu dan juga asap rokok.

Nah, semoga saja informasi tentang penyakit asma bagi ibu hamil yang harus diwaspadai bermanfaat bagi Anda dan membuat Anda lebih berhati-hati selama masa kehamilan ini.