Banyak sekali orang yang ingin mempunyai badan yang tinggi, begitu juga Anda. Katanya ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika mempunyai badan yang tinggi seperti lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Tentunya keuntungan menjadi tinggi memang ada benarnya. Kepercayaan diri meningkat karena postur tubuh Anda akan lebih baik jika mempunyai badan yang tinggi. Bahkan kelebihan yang terlihat sepele seperti mudah mencapai barang yang di tempat yang tinggi pun juga bisa dirasakan oleh mereka yang berbadan tinggi.

Namun ada yang perlu Anda ketahui bahwa tinggi badan bisa berhenti pada saat Anda sudah tidak lagi memasuki masa pubertas. Anda sering dipaksa makan makanan peninggi badan pada saat Anda masih remaja, yaitu pada masa pubertas. Orang tua Anda akan semangat sekali untuk menjejalkan berbagai macam makanan yang bisa membuat Anda bertambah tinggi beberapa senti. Lalu apa yang harus dilakukan jika Anda sudah tidak mengalami masa pubertas lagi? Mungkin bagi para wanita bisa menggunakan high heel agar terlihat lebih tinggi. Namun menggunakan high heels terlalu sering justru tidak baik bagi kaki Anda. Sebaiknya Anda gunakan cara lain yang lebih sehat tentunya jika ingin mendapatkan tinggi badan yang semampai.

Pada artikel ini kami akan secara khusus memberikan tips untuk meninggikan tinggi badan bagi Anda yang sudah lewat masa pubertas. Anda mungkin bisa bernapas lega setelah membaca artikel yang satu ini karena Anda yang sudah dewasa masih mempunyai harapan untuk bertambah tinggi beberapa senti. Sebelum Anda tahu tipsnya, ketahui dulu apa faktor yang bisa menentukan tinggi Anda.

Faktor yang Menentukan Tinggi Anda

Pada dasarnya faktor yang memengaruhi tinggi pendeknya seseorang adalah dari genetika, hormon, nutrisi, dan juga stres. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

  1. Genetika

Jika salah satu atau kedua orang tua Anda bertubuh pendek, maka sudah sangat wajar jika Anda mempunyai tubuh yang pendek juga. Manusia memang sudah secara otomatis untuk tidak tumbuh setelah melalui masa pubertas. Gen peninggi badan manusia sudah diatur untuk berhenti tumbuh saat manusia sudah berusia 18 tahun. Apalagi jika kedua orang tua Anda memang pendek, maka memang kecil kemungkinan Anda bisa tumbuh lebih tinggi lagi.

  1. Hormon

Lagi-lagi menyangkut masalah pubertas. Pada saat Anda sedang pubertas, banyak hormon yang bermunculan seperti hormon pertumbuhan. Jika hormon tersebut sedikit, maka Anda tidak tumbuh menjulang tinggi.

  1. Nutrisi

Jika Anda kurang nutrisi atau kurang gizi pada saat masa pertumbuhan, maka jangan harap Anda bisa tinggi semampai. Nutrisi yang tepat di masa pertumbuhan bisa menentukan tinggi badan Anda.

  1. Stres

Ketahuilah jika Anda stres maka hal tersebut bisa memengaruhi tubuh Anda. Apalagi jika Anda sering stres di usia pertumbuhan, maka hormon pertumbuhan juga bisa kacau karena adanya stres.

Cara Meninggikan Badan Bagi yang Sudah Pubertas

Jangan berkecil hati dulu, masih ada banyak cara untuk meninggikan badan. Mulai dari makanan peninggi badan, olahraga, dan vitamin yang tepat untuk menjadi tinggi.

  1. Makanan yang tepat

Makanan berperan penting dalam pertumbuhan tulang Anda. Jadi, jika Anda tidak makan makanan yang bernutrisi tinggi ataupun suplemen peninggi badan, maka tulang Anda juga tidak mendapatkan nutrisi. Nutrisi merupakan fondasi jika ingin mempunyai tulang yang kuat, padat, dan juga tinggi. Jadi, jika Anda ingin tinggi, maka Anda wajib makan makanan yang tepat. Makanan tersebut harus mengandung nutrisi yang diperlukan bagi tulang Anda. Makanan tersebut juga harus mengandung hormon yang bisa merangsang pertumbuhan dalam tulang Anda. Beberapa makanan tersebut adalah daging merah, tahu, susu, sereal, buah, dan sayuran.

  1. Olahraga

Ada beberapa macam olahraga yang bisa Anda lakukan jika ingin menjadi lebih tinggi lagi. Namun pastikan olahraga yang Anda lakukan itu bisa merangsang ujung saraf. Jika ujung saraf sudah terangsang, maka saraf tersebut akan mengeluarkan hormon HGH atau hormon pertumbuhan sehingga Anda bisa lebih tinggi. Olahraga yang tepat bagi Anda yang ingin bertambah tinggi adalah berenang dan olahraga. Memang olahraga tersebut akan merangsang saraf dan juga tulang Anda agar bisa berkembang.

  1. Latihan

Jika Anda tidak sempat olahraga, maka ada latihan peninggi badan yang bisa Anda lakukan di rumah. Jadi, siapkan matras yoga atau tikar di lantai rumah Anda. Lalu berbaringlah disana dengan telapak tangan di samping tubuh Anda. Lalu buatlah posisi melengkung sehingga tulang belakang Anda tidak menyentuh lantai. Usahakan agar tangan dan kaki Anda bisa menahan posisi ini selama 5 sampai 30 detik. Ulangi terus posisi ini beberapa kali sebisa Anda.

  1. Vitamin D

Vitamin D adalah vitamin yang paling tepat untuk meninggikan badan. Pada pagi hari, jemurlah diri Anda setengah jam saja untuk mendapatkan asupan vitamin D. Akan lebih baik lagi jika Anda olahraga lari pagi agar bisa mendapatkan dua keuntungan dari olahraga dan berjemur.