Apakah Anda akhir-akhir ini merasa loyo, lelah, letih dan lesu? Itu tandanya Anda kurang olahraga. Makan makanan yang bergizi saja tidak cukup untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut. Karena jika otot-otot Anda tidak digunakan, maka akan kaku. Hal inilah yang memicu badan Anda menjadi gampang lemas. Bahkan jika Anda sering sakit, maka itu tandanya Anda kurang olahraga juga. Dengan berolahraga, maka peredaran darah Anda akan lancar sehingga semua gizi dari makanan baik yang Anda makan bisa tersebar dengan luas ke seluruh badan Anda.

Mengapa Anda Harus Berolahraga?

Bagi sebagian orang yang sibuk, membuat jadwal rutin untuk berolahraga memang sangat sulit. Namun jangan sampai Anda jarang berolahraga karena akibatnya tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda. Bahkan olahraga juga mampu meningkatkan mood Anda. Akan sangat baik bagi kesehatan raga dan jiwa Anda jika menghabiskan setiap Sabtu atau Minggu untuk berolahraga. Anda tidak perlu pergi ke gym yang mahal harganya karena olahraga sendiri pun masih bisa.

Beberapa manfaat lain olahraga antara lain membantu mengurangi berat badan Anda, membuat tulang semakin kuat, sendi akan terlindungi, membuat gerak badan menjadi seimbang, mempertajam daya ingat, mengatasi masalah kandung kemih, badan menjadi lincah, dan masih banyak lagi yang bisa Anda dapatkan dari berolahraga.

Jenis Olahraga Terbaik untuk Kesehatan

Tanpa basa-basi lagi, berikut ini beberapa jenis olahraga dari yang mudah hingga yang sulit agar Anda bisa mendapatkan kesehatan tubuh yang baik.

  1. Jalan kaki

Jalan kaki merupakan olahraga yang termudah dan termurah yang bisa Anda lakukan sekarang ini. Bagi Anda yang masih malas berolahraga sebaiknya cobalah dulu untuk olahraga jalan kaki sebelum Anda mencoba olahraga lainnya. Kami sarankan untuk berjalan kaki pada akhir pekan selama 30 menit saja. Akan lebih baik lagi jika Anda melakukan olahraga ini pada pagi hari karena udaranya sedang sangat segar. Selain itu, matahari di pagi hari sangat baik untuk tubuh Anda sehingga tulang pun bisa mendapatkan asupan vitamin D yang cukup. Tidak masalah jika setelah jalan kaki Anda mampir untuk makan bubur ayam yang penting Anda sudah melakukan gerakan pada hari itu. Ini adalah langkah yang bagus.

  1. Lari

Lari atau jogging merupakan jenis olahraga yang bisa Anda lakukan selanjutnya. Jika Anda sudah membiasakan diri dengan olahraga jalan kaki, maka saatnya untuk meningkatkan intensitas olahraga Anda dengan lari atau jogging! Sama seperti olahraga jalan kaki, sebaiknya lakukan di pagi hari saat udara masih segar. Jika berjalan kaki dilakukan 30 menit, maka lari bisa Anda lakukan cukup 15 atau 20 menit saja. Manfaat dari olahraga lari adalah membuat tulang semakin kuat, menurunkan kadar kolesterol, membuat mood menjadi lebih baik, membuat tekanan darah stabil, mempertajam daya ingat, membakar kalori, dan mengurangi risiko penyakit berbahaya. Yang paling penting dalam olahraga ini adalah sepatu lari yang baik.

  1. Berenang

Berenang merupakan alternatif olahraga yang pas bagi Anda yang tidak suka berkeringat. Berenang memang merupakan salah satu jenis olahraga yang membutuhkan banyak tenaga. Apalagi tangan dan kaki Anda akan banyak bergerak sehingga badan pasti menjadi lebih kuat. Manfaat dari berenang ternyata juga bisa membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik. Konsentrasi pun juga lebih meningkat pada saat Anda sedang berada di air. Memang kegiatan berenang sangat bermanfaat bagi banyak anggota tubuh Anda. Sama seperti olahraga sebelumnya, Anda bisa melakukan berenang seminggu sekali dengan durasi 15 hingga 20 menit saja. Jika Anda ingin berenang santai, maka bisa berenang selama setengah jam.

  1. Latihan beban

Jangan mundur dulu, tidak semua latihan beban akan membuat kaki dan tangan Anda berotot. Latihan beban justru lebih membuat tubuh Anda menjadi lebih kuat alias mempunyai stamina yang tinggi. Ketahuilah jika Anda jarang bergerak, maka otot-otot tubuh Anda akan kehilangan kekuatannya. Karena itulah Anda jadi lemas dan lesu. Bangkitkan stamina tubuh Anda kembali dengan latihan beban. Jika Anda ingin latihan beban yang murah, maka coba cari video latihan beban untuk pemula di internet. Yang terpenting dari latihan beban adalah jangan terlalu serakah. Misalnya Anda langsung latihan beban yang banyak agar terlihat keren saat di-post di Instagram Anda. Justru hal tersebut dapat melukai diri Anda sendiri.

  1. Tai Chi

Olahraga yang terakhir adalah Tai Chi. Untuk olahraga yang satu ini memang sebaiknya membutuhkan instruktur agar Anda bisa belajar dengan benar. Tai Chi merupakan seni bela diri dari Tiongkok. Olahraga ini bukan hanya menyehatkan Anda saja namun juga merelaksasikan pikiran. Bagi orang tua, sangat disarankan untuk melakukan Tai Chi. Mereka akan menemukan kebugaran dan juga ketenangan dengan melakukan Tai Chi.

Jangan pernah menunda diri Anda untuk berolahraga. Mumpung kondisi badan masih sehat, sebaiknya tetap dijaga dengan berolahraga!